Senin, 22 Februari 2010

Pengantar Geologi (materi 3)


GAYA GEOLOGI
Tenaga atau gaya geologi adalah kekuatan yang menyebabkan permukaan bumi mengalami perubahan, sedangkan yang di maksud proses geologi adalah kelangsungan perubahan yang disebabkan tenaga tadi. Secara garis besar tenaga dan proses geologi dapat dibagi menjadi 3 golongan, yaitu :
  1. Tenaga dan proses Eksogen / epigen, adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga ini menyebabkan perubahan pada permukaan bumi. Di suatu tempat dapat terjadi perendahan bagian permukaan bumi yang menonjol ( proses degradasi), sedangkan di tempat lain mengalami peninggian pada bagian-bagian yang rendah oleh penimbunan ( proses agradasi). Kedua proses ini sering pula di sebut proses gradasi atau proses denudasi, yang terdiri dari proses:
    - Pelapukan (weathering), yaitu proses yang berhubungan dengan perubahan sifat fisik dan kimiawi batuan dipermukaan bumi. Proses pelapukan batuan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, yaitu: struktur batuan, iklim, topografi, vegetasi penutup, dan waktu. Adapun Macam-macam pelapukan :
    a) Pelapukan fisis/mekanis, adalah proses perubahan batuan yang dipengaruhi oleh unsur-unsur cuaca yang menyebabkan bongkah batuan mengalami penghancuran menjadi butiran yang lebih kecil tanpa perubahan sifat kimianya. Misalnya melalui proses: Pemuaian batuan akibat berkurangnya beban, pembentukan kristal-kristal dalam celah-celah atau lapisan batuan, perubahan suhu, penarikan oleh koloid-koloid tanah.
    b) Pelapukan kimia, adalah proses perubahan batuan dimana terjadi perubahan susunan zat yang terdapat pada mineral-mineral pembentuk batuan yang lapuk. Dalam proses pelapukan kimia, air merupakan faktor utama sebagai pelarut. Terdapat lima proses yang terdapat dalam pelapukan kimia, yaitu: Hidrasi, hidrolisa, oksidasi, karbonasi, pelarutan biasa.
    c) Pelapukan biologi, adalah proses perubahan batuan yang diakibatkan aktivitas organisma, contohnya tumbuhan yang akarnya menerobos batuan, serta adanya sejenis enzim dari akar yang dapat merubah susunan kimia/ melarutkan batuan.
    - Erosi, yaitu proses pelepasan dan pemindahan bahan lepas secara alami dari suatu tempat ke tempat lain oleh suatu zat pengangkut yang bergerak di atas permukaan bumi. Tenaga pengangkut tersebut berupa air, angin, gletser , serta gelombang dan arus laut.
    Macam-macam erosi:
    a) Erosi permukaan/erosi lembar/ sheet erosion, yaitu proses pelepasan dan pemindahan bahan lepas secara alami pada lapisan teratas yang tipis.
    b) Erosi percik/ splash erosion, yaitu proses pelepasan dan pemindahan bahan lepas secara alami pada lapisan teratas yang terjadi karena percikan air hujan.
    c) Erosi parit/ gully erosion, yaitu proses pelepasan dan pemindahan bahan lepas secara alami sehingga menyebabkan terbentuknya parit-parit.
    d) Erosi vertikal, yaitu erosi yang berarah ke bawah/tegak, menyebabkan permukaan bumi (khususnya lembah) bertambah dalam
    e) erosi lateral, yaitu erosi yang menyebabkan suatu lembah bertambah lebar.
    f) Erosi mudik, yaitu erosi yang menyebabkan suatu lembah diperpanjang ke arah hulu.
    - Masswasting, yaitu pemindahan massa batuan oleh gaya beratnya sendiri. Pemindahan massa batuan ini bisa berupa pemindahan lambat (rayapan dan solifluksi), pemindahan cepat, tanah longsor dan tanah amblas.
    - Sedimentasi, yaitu proses penyimpanan bahan lepas secara alami , dikarenakan tenaga pengangkutnya berkurang. Contohnya terjadi pengendapan pada muara sungai, di daerah /kawasan yang landai, serta pada meander atau kelokan dalam sungai.
  2. Tenaga dan proses endogen / hipogen, adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Proses yang terjadi berupa :
    - Diastrofisma (tektonik), tenaga ini disebabkan oleh penimbunan panas dalam bumi. Tenaga dan proses ini terdiri dari epeirogenesis (tenaganya berarah tegak lurus baik yang arahnya ke atas atau ke bawah searah dengan jari-jari bumi), yang merupakan gaya pembentukan benua dan orogenesis (tenaganya berarah mendatar berupa tekanan dan tarikan), yang merupakan gaya pembentukan pegunungan.
    - Vulkanisma, yaitu proses pembentukan gunung api. Tenaga ini disebabkan oleh proses peresapan magma kedalam kulit bumi.
  3. Tenaga dan proses Extraterrestrial, berhubungan dengan dengan jatuhnya benda-benda langit yang masuk ke dalam daerah gaya tarik bumi. Tenaga ini menyebabkan bentukan permukaan bumi yang khas, yaitu yang disebut kawah meteor sperti yang terdapat di Arizona, Amerika Serikat.

Tidak ada komentar: